Prinsip Tata Letak Dalam Pembuatan Desain Grafis
Assalamualaikum wr.wb
Kali ini saya akan membahas tentang prinsip tata letak dalam desain grafis.
sebelum membahas tentang prinsipnya saya akan sedikit memberitahukan pengertian prinsip tata letak/Layout.
Tata letak/Layout merupakan usaha untuk menyusun, menata, atau memadukan
elemen-elemen atau unsur-unsur komunikasi grafis (teks, gambar, tabel
dll) menjadikan komunikasi visual yang komunikatif, estetik dan menarik.Tujuan utama layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar
menjadi komunikatif dalam sebuah cara yang dapat memudahkan pembaca
menerima informasi yang disajikan.
Di dalam sebuah desain grafis ini ada yang lebih kurang 6
prinsip-prinsip yang berhubungan dan dapat membantu menunjukkan
bagaimana penggunaan elemen atau sebuah bagian dan sebuah hasil desain.
Prinsip desain ini juga bisa membantu dalam mencampurkan semua elemen
atau sebagian elemen dari sebuah desain ke tempat yang baik.
1.Proporsial [Proportion]
Proporsi pada dasarnya merupakan prinsip
dari sebuah desain grafis yang berfungsi dalam keselarasan atau
keserasian sebuah hasil pembuatan cipta karya yang membutuhkan
perbandingan yang cocok untuk hasil yang desain yang bagus atau tepat.
Kesatuan ini sangat membantu semua elemen yang ada seperti kepunyaan
bersama. Pada intinya, proporsi ini sebuah perbandingan secara
sistematik pada sebuah bidang yang ada. Ada pula Proporsi Agung atau
sebutan lainnya adalah The Golden Man merupakan proporsi yang sangat
terkenal dalam pemakaiannya dari seni rupa hingga ke tingkat yang lebih
tinggi yang menggabungkan semua unsur dan dapat dijangkau dengan
memberikan hubungan yang satu dengan yang lain sebuah elemen
2.Kesatuan [Unity]
Kesatuan merupakan hubungan yang
penting, karena dengan ketidak-adaan dari kesatuan ini semua akan
terlihat berantakan. Jadi prinsip kesatuan ini merupakan penyatu dari
semua elemen yang ada.
3.Keseimbangan [Balance]
Keseimbangan merupakan kondisi sebuah
desain atau pun benda yang membuat semua kekuatan jadi bekerja dan tidak
saling menghilangkan satu dengan yang lain. Ada dua prinsip dasar dari
sebuah keseimbangan.
- Keseimbangan Simetris, adalah keseimbangan yang terjadi secara tegak lurus. Keseimbangan kali ini seperti menggunakan dua buah elemen yang mirip seperti menggunakan sebuah kaca cermin.
- Keseimbangan Asimetris, ialah keseimbangan yang terlihat sama tetapi dalam pengaturan berat atau bobot yang berbeda.
4.Harmoni [Keselarasan]
Keselarasan atau harmoni merupakan
sebuah bentuk, warna, tema, ukuran dan lain sebagainya. Ternyata
keselarasan ini memunculkan suatu keseimbangan dengan prinsip kesatuan.
5.Irama [Rhythm]
Irama merupakan sebuah pola pengulangan
oleh sebuah unsur yang berbeda dan pergerakan secara berurutan yang
berkelanjutan. Prinsip ini sesungguhnya ialah hubungan perulangan dan
juga bentuk unsur rupa. Penempatan dalam sebuah desain keluaran atau layout
secara berulang memberikan hasil yang halus, santai, dan tenang.
Pengulangan dan variasi merupakan kunci dalam pembentukan sebuah ritme
visual. Ada beberapa macam irama, antara lain Regular rhythm, Flowing
rhythm, dan Progressive rhythm.
6.Kontras [Contrast]
Prinsip kontras ini adalah prinsip yang
bertujuan untuk menjauhkan bagian desain dalam bidang yang tampak sama.
Jika bagian yang tidak diinginkan sama maka secara otomatis akan membuat
berbeda dari yang lain. Kontras ini menjadi visualisasi yang membuat
ketertarikan-nya sendiri dan kontras inilah yang menarik pertama kali
peminat pembaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar